Sabtu, 28 Mei 2011

Gaya gesk

ayunan

SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN DERET


Berikut ini adalah soal – soal Barisan dan Deet yang saya ambil dari soal Ujian Nasional tahun 2000 s.d. 2007
Materi Pokok : Barisan dan Deret Aritmetika
1.       Dari suatu barisan aritmetika, suku ketiga adalah 36, jumlah suku kelima dan ketujuh adalah 144. Jumlah sepuluh suku pertama deret tersebut adalah ….
a.       840
b.       660
c.       640
d.      630
e.       315
Soal Ujian Nasional Tahun 2007
2.       Seorang ibu membagikan permen kepada 5 orang anaknya menurut aturan deret aritmetika. Semakin muda usia anak semakin banyak permen yang diperoleh. Jika banyak permen yang diterima anak kedua 11 buah dan anak keempat 19 buah, maka jumlah seluruh permen adalah …buah.
a.       60
b.       65
c.       70
d.      75
e.       80
Soal Ujian Nasional Tahun 2006
3.       Seorang anak menabung di suatu bank dengan selisih kenaikan tabungan antar bulan tetap. Pada bulan pertama sebesar Rp. 50.000,00, bulan kedua Rp.55.000,00, bulan ketiga Rp.60.000,00, dan seterusnya. Besar tabungan anak tersebut selama dua tahun adalah ….
a.       Rp. 1.315.000,00
b.       Rp. 1.320.000,00
c.       Rp. 2.040.000,00
d.      Rp. 2.580.000,00
e.       Rp. 2.640.000,00
Soal Ujian Nasional Tahun 2005 kurikulum 2004
4.       Dari suatu deret aritmetika diketahui U3 = 13 dan U7 = 29. Jumlah dua puluh lima suku pertama deret tersebut adalah ….
a.       3.250
b.       2.650
c.       1.625
d.      1.325
e.       1.225
Soal Ujian Nasional Tahun 2005
5.       Suku ke – n suatu deret aritmetika Un = 3n – 5. Rumus jumlah n suku pertama deret tersebut adalah ….
a.       Sn = n/2 ( 3n – 7 )
b.       Sn = n/2 ( 3n – 5 )
c.       Sn = n/2 ( 3n – 4 )
d.      Sn = n/2 ( 3n – 3 )
e.       Sn = n/2 ( 3n – 2 )
Soal Ujian Nasional Tahun 2004
6.       Jumlah n buah suku pertama deret aritmetika dinyatakan oleh Sn = n/2 ( 5n – 19 ). Beda deret tersebut adalah ….
a.       – 5
b.       – 3
c.       – 2
d.      3
e.       5
Soal Ujian Nasional Tahun 2004
7.       Empat buah bilangan positif membentuk barisan aritmetika. Jika perkalian bilangan pertama dan keempat adalah 46, dan perkalian bilangan kedua dan ketiga adalah 144, maka jumlah keempat bilangan tersebut adalah ….
a.       49
b.       50
c.       60
d.      95
e.       98
Soal Ujian Nasional Tahun 2002
8.       Jumlah n suku pertama deret aritmetika adalah Sn = n2 + 5/2 n. Beda dari deret aritmetika tersebut adalah ….
a.       11/2 
b.       – 2
c.       2
d.      5/2
e.       11/2
Soal Ujian Nasional Tahun 2001
9.       Dari deret aritmetika diketahui suuku tengah 32. Jika jumlah n suku pertama deret itu 672, banyak suku deret tersebut adalah ….
a.       17
b.       19
c.       21
d.      23
e.       25
Soal Ujian Nasional Tahun 2000
Materi Pokok : Barisan dan Deret Geometri
10.   Sebuah mobil dibeli dengan haga Rp. 80.000.000,00. Setiap tahun nilai jualnya menjadi ¾ dari harga sebelumnya. Berapa nilai jual setelah dipakai 3 tahun ?
a.       Rp. 20.000.000,00
b.       Rp. 25.312.500,00
c.       Rp. 33.750.000,00
d.      Rp. 35.000.000,00
e.       Rp. 45.000.000,00
Soal Ujian Nasional Tahun 2007
11.   Sebuah bola jatuh dari ketinggian 10 m dan memantul kembali dengan ketinggian ¾ kali tinggi sebelumnya, begitu seterusnya hingga bola berhenti. Jumlah seluruh lintasan bola adalah ….
a.       65 m
b.       70 m
c.       75 m
d.      77 m
e.       80 m
Soal Ujian Nasional Tahun 2006
12.   Seutas tali dipotong menjadi 7 bagian dan panjang masing – masing potongan membentuk barisan geometri. Jika panjang potongan tali terpendek sama dengan 6 cm dan potongan tali terpanjang sama dengan 384 cm, panjang keseluruhan tali tersebut adalah … cm.
a.          378
b.          390
c.          570
d.         762
e.       1.530
Soal Ujian Nasional Tahun 2005 kurikulum 2004
13.   Sebuah bola pingpong dijatuhkan dari ketinggian 25 m dan memantul kembali dengan ketinggian 4/5 kali tinggi semula. Pematulan ini berlangsung terus menerus hingga bola berhenti. Jumlah seluruh lintasan bola adalah … m.
a.       100
b.       125
c.       200
d.      225
e.       250
Soal Ujian Nasional Tahun 2005
14.   Jumlah deret geometri tak hingga Ö2 + 1 + ½Ö2 + ½ + … adalah ….
a.       2/3 (Ö2 + 1 )
b.       3/2 (Ö2 + 1 )
c.       2 (Ö2 + 1 )
d.      3 (Ö2 + 1 )
e.       4 (Ö2 + 1 )
Soal Ujian Nasional Tahun 2003
15.   Jumlah deret geometri tak hingga adalah 7, sedangkan jumlah suku – suku yang bernomor genap adalah 3. Suku pertama deret tersebut adalah ….
a.       7/4
b.       ¾
c.       4/7
d.      ½
e.       ¼
Soal Ujian Nasional Tahun 2003
16.   Pertambahan penduduk suatu kota tiap tahun mengikuti aturan barisan geometri. Pada tahun 1996 pertambahannya sebanyak 6 orang, tahun 1998 sebanyak 54 orang. Pertambahan penduduk pada tahun 2001 adalah … orang.
a.          324
b.          486
c.          648
d.      1.458
e.       4.374
Soal Ujian Nasional Tahun 2002
17.   Diketahui barisan geometri dengan U1 = x ¾ dan U4 = xÖx. Rasio barisan geometri tesebut adalah ….
a.       x2 .4Öx
b.       x2
c.       x ¾
d.      Öx
e.       4Öx
Soal Ujian Nasional Tahun 2001
18.   ?
Kunci jawaban dapat dilihat di http://matematika-sma.blogspot.com


Comment Inbox

Comment Inbox

Format 01
 
ANALISIS STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran            :  Sejarah.
Kelas                           :  X .

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Semester
1
2
1
Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

1.1  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah
1.2  Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa   aksara
1.3  Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

V

2
Menganalisis peradaban Indonesia dan dunia.

2.1.   Menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia.
2.2    Mengidentifikasi peradaban awal masyarakat di dunia yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia
2.3    Menganalisis asal-usul dan persebaran manusia di kepulauan Indonesia


V














Format 01
 
 

ANALISIS STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran            :  Sejarah .
Kelas                           :  XI IPS


No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Semester
1
2
1

Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa negara-negara  tradisional.
    


1.1  Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.
1.2  Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Buddha  di Indonesia.
1.3  Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.
1.4   Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
1.5   Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia,

V

2
. Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang.

2.1  Menganalisis perkembangan pengaruh Barat dan perubahan ekonomi, demografi, dan kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa kolonial..
2.2  Menganalisis hubungan antara perkembangan paham-paham baru dan transformasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
 2.3 Menganalisis  proses interaksi Indonesia-Jepang dan dampak pendudukan militer Jepang terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia.


V
3
Menganalisis sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah Bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan abad ke-20.

3.1. Membedakan pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia.
3.2. Menganalisis pengaruh revolusi industri di Eropa terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia


V



Format 01
 
ANALISIS STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran            :  Sejarah .
Kelas                           :  XII IPS


No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Semester
1
2
1
     

Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru.
1.1  Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan pembentukan pemerintahan Indonesia
1.2  Menganalisis perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai tahun 1950
1.3 Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam memperta­hankan kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI 1965)
1.4   1.4 Menganalisis perkem­bangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya mengisi kemerdekaan.

1.5 Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
V

2

Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan masa reformasi.

2.1  Menganalisis perkembangan    pemerintahan Orde Baru
2.2  Menganalisis proses  berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya reformasi.
2.3. Menganalisis perkembangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia pada masa reformasi

V

3
Menganalisis perkembangan sejarah dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan perkembangan mutakhir..

3.1. Menganalisis perkem­bangan sejarah dunia dan posisi Indonesia di tengah perubahan politik dan ekonomi internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya Perang Dingin
3.2. Menganalisis perkembangan mutakhir sejarah dunia,


V



Format 01
 
ANALISIS STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran            :  Sejarah .
Kelas                           :  XI IPA

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Semester
1
2
1

Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.


1.1   Menganalisis perkembangan negara tradisional (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia
1.2   Membandingkan perkembangan masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang.
1.3   Menganalisis proses kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia
1.4   Menganalisis terbentuknya negara Kebangsaan Indonesia

V

2

Merekonstruksi perjuangan  bangsa Indonesia sejak masa Proklamasi  hingga lahirnya Orde Baru.


2.1. Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin
2.2. Menganalisis pergantian pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru

V
















Format 01
 
ANALISIS STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran            :  Sejarah .
Kelas                           :  XII IPA


No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Semester
1
2
1

Merekonstruksi perjuangan  bangsa Indonesia sejak masa Proklamasi  sampai  masa Reformasi.


1.1. Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Orde Baru
1.2. Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Reformasi

V

2

Menganalisi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad ke-20.


             Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan  teknologi serta perubahan dunia internasional setelah Perang Dunia II dan Perang Dingin..
             Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia


V









ANALISIS STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran            :  MATEMATIKA
Kelas                           :  XI IPA

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Semester
1
2
1
Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.


1.1   Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
1.2   Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya 
1.3   Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya
1.4   Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
1.5   Menentukan ruang sampel suatu percobaan
1.6   Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
ü  

2
Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya.

2.1   Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu.
2.2   Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus
2.3   Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus
ü  

3
Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya.

3.1   Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan
3.2   Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi
ü  

4
Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.
4.1 Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.
4.2 Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah

ü  
5
Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.
5.1   Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
5.2   Menentukan invers suatu fungsi

ü  
6
. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

6.1.  Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga.
6.2.  Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
6.3.  Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi
6.4.  Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah
6.5.  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi
6.6.  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya

ü  

































ANALISIS STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran            :  MATEMATIKA
Kelas                           :  XII IPA

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Semester
1
2
1

Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah.

 

1.1.  Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu
1.2.  Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana
1.3.  Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volum benda putar
ü  

2
Menyelesaikan masalah program linear.

2.1     Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel
2.2    Merancang model matematika dari masalah program linear
2.3    Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya
ü  

3
Menggunakan konsep matriks, vektor, dan transformasi dalam pemecahan masalah.

3.1.  Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain
3.2.  Menentukan determinan dan invers matriks     2 x 2
3.3.  Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
3.4.  Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan masalah
3.5.  Menggunakan sifat-sifat dan operasi perkalian skalar dua vektor dalam pemecahan masalah.
3.6.  Menggunakan transformasi geometri yang dapat dinyatakan dengan matriks dalam pemecahan masalah
3.7.  Menentukan komposisi dari beberapa transformasi geometri beserta matriks transformasinya
ü  

4
Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.

4.1. Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri.
4.2. Menggunakan notasi sigma dalam deret dan induksi matematika dalam pembuktian
4.3. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan dereT
4.4. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya

ü  
5
Menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah
5.1.  Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah.
5.2.  Menggambar grafik fungsi eksponen dan logaritma.
5.3.  Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen atau logaritma dalam penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma sederhana

ü  
            ANALISIS STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran            :  MATEMATIKA
Kelas                           :  XII IPS

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Semester
1
2
1

Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah sederhana.

1.1. Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu
1.2. Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar sederhana
1.3. Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva

ü  

2
Menyelesaikan masalah program linear

2.1. Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel
2.2. Merancang model matematika dari masalah program linear
2.3  Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya

ü  

3
Menggunakan matriks dalam pemecahan masalah.
3.1. Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain
3.2. Menentukan determinan dan invers matriks   2 x 2
3.3. Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel

ü  

4

Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.


4.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
4.2 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret
4.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya


ü  




ANALISIS STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran            :  BIOLOGI
Kelas                           :  X

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Semester
1
2
1

Memahami hakikat Biologi  sebagai ilmu

1.1  Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
1.2  Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
ü  

2
 Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup.

2.1.Mendeskripsikan ciri-ciri replikasi, dan peran virus dalam kehidupan.
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya dalam kehidupan.
2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan.
2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan.
ü  

3
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati

3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan.
3.2 Mengkomunikasikan keanekaragam hayati Indoneia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam.
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam dunia Tumbuhan dan peranannya  bagi kelangsungan hidup di bumi.
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan.

ü  
4
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.

4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan.
4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan.
4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah.
4.4 Membuat produk daur ulang limbah.

ü  



ANALISIS STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran            :  BIOLOGI
Kelas                           :  XI IPA
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Semester
1
2
1
1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.

 

1.1    Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
1.2 Mengidentifikasi organel sel tumbuhan dan hewan.
1.2    1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis).
ü  

2
2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks salingtemas.
2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensii sebagai dasar kultur jaringan.
2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan hewan vertebrata dan mengkaitkannya dengan fungsinya.

ü  

3
3.  Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.

3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak  pada manusia
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang  dapat terjadi pada sistem peredaran darah
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kaelainan /penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernafasan pada manusia dan hewan (misalnya burung).
3.5 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya ikan dan serangga).
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelaian/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan).
3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, dan pemberian ASI, serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.
3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit.

ü  
ANALISIS STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran            :  BIOLOGI
Kelas                           :  XII IPA

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Semester
1
2
1
1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.

 

1.1.  Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
1.2.  Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
1.3.  Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.

ü  

2
2.  Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme.

2.1.   Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme.
2.2.   Mendeskripsi-kan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat.
2.3.   Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolime karbohidrat  dengan metabolisme lemak dan protein

ü  

3
3. Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip  hereditas serta implikasinya pada salingtemas.

3.1.   Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
3.2.   Menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNA-polipeptida dan sintesis protein
3.3.   Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat.
3.4.  Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat.
3.5.  Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam salingtemas.


ü  
4
4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas.

4.1.   Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
4.2.   Mengkomunikasikan hasil studi evolusi
4.3.   Mendeskripsikan  kecenderungan baru tentang teori evolusi


ü  
5
5. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas.

5.1     Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
5.2.   Mendeskripsikan implikasi bioteknologi pada sains, lingkungan , teknologi, dan masyarakat.


ü